BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Mengenal Microsoft Excel
XP
Microsoft
Excel XP adalah salah satu program aplikasi spreadsheet canggih yang paling
populer dan paling banyak digunakan untuk membantu terutama untuk proses
menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mem-presentasikan data.
Kesederhanaan dan otomatisasi yang ditawarkan program ini telah menjadikannya
bagian yang vital dari aktivitas bisnis sehari-hari, baik dalam kantor yang
kecil maupun perusahaan multinasional sekalipun.
Microsoft
Excel XP merupakan penyempurnaan dari Microsoft Excel ersi sebelumnya yaitu
Excel 2000, namun penyempurnan ini tidak mengalami rekonstruksi besar-besaran
akan tetapi lebih dikonsentrasikan agar program aplikasi ini lebih mudah
dipakai, lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program aplikasi
Microsoft Office XP lainnya, dapat bekerja bersama pada sistem jaringan dengan
lebih baik serta dapat memanfaatkan fasilitas yang terdapat di Internet mauoun
Intranet.
2.2 Memulai Microsoft Excel XP
Untuk
menjalankan atau mengaktifkan program aplikasi Microsoft Excel XP,
lakukanperitnah berikut :
a. Klik tombol Start pada baris taskbar
b. Pilh menu Program
c. Lalu pilih dan klik program Microsoft
Excel

Gambar 2.1 Memulai Microsoft Excel XP
Tunggu beberapa saat hingga muncul lembar kerja
Microsoft Excel XP, seperti berikut :

Gambar 2.2. Lembar Kerja Microsoft Excel
XP
2.3 Mengakhiri Microsoft Excel XP
Setelah
anda selesai bekerja dengan Microsoft Excel XP, dan untuk mengakhirinya, Anda
dapat melakukan salah satu perintah di bawah ini :
Ø
Klik menu File, Exit

Ø Klik tombol Close yang berada di pojok kanan atas.
Ø
Klik Icon Control Menu yang
berada di pojok kiri atas, lalu pilih dan klik Close

Ø Tekan tombol Alt+F4
2.4 Mengenal Lembar Kerja Microsoft Excel XP
Pada
saat Anda menjalankan Microsoft Excel XP, sebuah Workbook kosong akan dibuka.
Workbook ini terdiri dari beberapa lembar kerja (Worksheet) sebagaimana
terlihat di layar dalam keadaan standar terdapat 3 (tiga) worksheet yaitu
Sheet1, Sheet2 dan Sheet3. Anda dapat menyisipkan Sheet baru jika diinginkan.

Gambar 2.3. Elemen Dasar Microsoft Excel
XP
Keterangan :
Baris Judul (Title Bar)
Baris judul berisi nama jendela atau nama judul program aplikasi (Window
Title) dan nama dokumen yang sedang dibuka, baris judul ini dapat digunakan
untuk memindahkan jendela ke posisi lainyang Anda inginkan.
Baris Menu (Menu Bar)
Baris menu adalah barisan perintah berupa menu yang terletak di bawah baris
judul, sebagai contoh jendela Excel XP mempunyai baris menu yang terdiri atas
File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Windows dan Help.
Toolbar
Toolbar digunakan agar Anda dapat memilih dan menjalankan suatu perintah
dengan cepat dan mudah, terutama untuk perintah-perintah yang sering Anda
gunakan. Toolbar ini berisi berbagai icon yang mewakili perintah-perinath
tertentu.
Dalam keadaan standar, toolbar yang muncul di layar ada 3 (tiga), yaitu
toolbar Standar, Formating dan Drawing.
Task Pane
Task Pane berupa jendela yang terdapat di sebelah kanan dokumen yang akan
membantu Anda pada saat menyunting dokumen. Jendela ini akan ditampilkan secara otomatis dan isinya
menyesuaikan dengan pekerjaan yang sedang Anda lakukan.
Baris Rumus (Fromula Bar)
Baris rumus akan menampilkan informasi mengenai isi sel yang sedang aktif
(disorot) di lembar kerja.
Sel (Cells)
Sel adalah perpotongan anntara kolom dan baris. Pada saat Anda memulai
menjalankan komputer, selterdapat di sel A1
artinya sel tersebut terdapat di kolom A baris 1.
Range
Range adalah kumpulan dari beberapa sel. Misal range C1:E3 artinya range
tersebut terdiri dari sel-sel :
C1 D1 E1
C2 D2 E3
C3 D3 E3
Baris (Row)
Terdiri dari baris 1 sampai
dengan baris 65536. dalam keadaan
standar, masing-masing tinggi baris yaitu 1.75.
Kolom (Column)
Terdiri dari kolom A sampai
dengan kolm IV. Dalam keadaan
standard, masing-masing lebar kolom yaitu 8.43.
Tab Worksheet
Pada saat Microsoft Excel diaktifkan, akan ditampilkan sebuah Workbook baru
yang masih kosong yang diberi nama BOOK1.
Workbook Microsoft Excel yang akan Anda gunakan dapat terdiri dari beberapa
Worksheet. Secara default setiap Worksheet terdiri dari 3 (tiga) Worksheet,
yang diberi nama Sheet1, Sheet2 dan Sheet3.
Baris Status (Status Bar)
Baris Status memberikan berbagai informasi mengenai sesuatu hal yang
berhubungan dengan posisi titik sisip sekarang berada. Pada baris status ini
ditamoilkan pula Tombol Indikator untuk memperlihatkan modus yang sedang aktif
sekarang.
Baris Penggulung (Scrool
Bar)
Baris penggulung digunakan untuk menggulung layar baik baris per baris
maupun layar per layar. Baris penggulung pada suatu jendela ada dua jenis yaitu
:
- Baris Penggulung Mendatar (Horizontal Scrool Bar) digunakan untuk menggulung layar jendela ke kiri atau ke kanan.
- Baris Penggulung Tegak (Vertical Scrool Bar) digunakan untuk meng-gulung layar jendela ke atas atau ke bawah.
2.5 Memindahkan Penunjuk Sel
(Cell Pointer)
Pada
saat Anda membuka lembar kerja Microsoft Excel, posisi penunjuk sel berada pada
alamat sel A1. Untuk memindahkan penunjuk sel ke lokasi yang diinginkan, Anda
dapat menggunakan keyboard atau mouse. Apabila Anda menggunakan keyboard Anda
harus menggunakan tombol panah atau gabungan dengan tombol lainnya. Di bawah
ini Anda dapat menggunakan salah satu perintah berikut :
Tabel 2.1 Tombol perintah-perintah
Microsoft Excel XP
Tombol
|
Keterangan
|
Panah kiri
|
Pindah ke kiri satu sel
|
Panah kanan
|
Pindah ke kanan satu sel
|
Panah Atas
|
Pindah ke atas satu sel
|
Panah Bawah
|
Pindah ke bawah satu sel
|
Page Up
|
Pindah satu layar ke atas
|
Page Down
|
Pindah satu layar ke bawah
|
Tab
|
Pindah satu sel ke kanan
|
Enter
|
Pindah satu sel ke bawah
|
Shift-Tab
|
Pindah satu sel ke kiri
|
Shift-Enter
|
Pindah satu sel ke atas
|
Home
|
Pindah ke kolom A pada posisi baris yang sedang dipilih
|
Ctrl+Panah Kiri
|
Pindah ke sel pertama dalam baris yang berisi data
|
Ctrl+Panah Kanan
|
Pindah ke sel terakhir dalam baris yang berisi data
|
Ctrl+Home
|
Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif
|
Ctrl+End
|
Pindah ke psisi sel terakhir yang sedang digunakan
|
0 komentar:
Posting Komentar