Jumat, 30 Oktober 2015

BAB II
LANDASAN TEORI


2.1 Mengenal Microsoft Excel XP
            Microsoft Excel XP adalah salah satu program aplikasi spreadsheet canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan untuk membantu terutama untuk proses menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mem-presentasikan data. Kesederhanaan dan otomatisasi yang ditawarkan program ini telah menjadikannya bagian yang vital dari aktivitas bisnis sehari-hari, baik dalam kantor yang kecil maupun perusahaan multinasional sekalipun.
            Microsoft Excel XP merupakan penyempurnaan dari Microsoft Excel ersi sebelumnya yaitu Excel 2000, namun penyempurnan ini tidak mengalami rekonstruksi besar-besaran akan tetapi lebih dikonsentrasikan agar program aplikasi ini lebih mudah dipakai, lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program aplikasi Microsoft Office XP lainnya, dapat bekerja bersama pada sistem jaringan dengan lebih baik serta dapat memanfaatkan fasilitas yang terdapat di Internet mauoun Intranet.  

2.2 Memulai Microsoft Excel XP
            Untuk menjalankan atau mengaktifkan program aplikasi Microsoft Excel XP, lakukanperitnah berikut :
a.       Klik tombol Start pada baris taskbar
b.      Pilh menu Program
c.       Lalu pilih dan klik program Microsoft Excel






Gambar 2.1 Memulai Microsoft Excel XP

Tunggu beberapa saat hingga muncul lembar kerja Microsoft Excel XP, seperti berikut :






Gambar 2.2. Lembar Kerja Microsoft Excel XP

2.3 Mengakhiri Microsoft Excel XP
            Setelah anda selesai bekerja dengan Microsoft Excel XP, dan untuk mengakhirinya, Anda dapat melakukan salah satu perintah di bawah ini :
Ø  Klik menu File, Exit
Ø  Klik tombol Close         yang berada di pojok kanan atas.
Ø  Klik Icon Control Menu         yang berada di pojok kiri atas, lalu pilih dan klik Close
Ø  Tekan tombol Alt+F4

2.4 Mengenal Lembar Kerja Microsoft Excel XP
            Pada saat Anda menjalankan Microsoft Excel XP, sebuah Workbook kosong akan dibuka. Workbook ini terdiri dari beberapa lembar kerja (Worksheet) sebagaimana terlihat di layar dalam keadaan standar terdapat 3 (tiga) worksheet yaitu Sheet1, Sheet2 dan Sheet3. Anda dapat menyisipkan Sheet baru jika diinginkan.
            Lembar kerja Microsoft Excel terdiri dari 256 kolom dari mulai kolom A sampai dengan kolom IV dan 65536 baris dari baris 1 sampai dengan 65536.    Untuk lebih jelasnya, lihat gambar berikut :

Gambar 2.3. Elemen Dasar Microsoft Excel XP
Keterangan :
Baris Judul (Title Bar)
Baris judul berisi nama jendela atau nama judul program aplikasi (Window Title) dan nama dokumen yang sedang dibuka, baris judul ini dapat digunakan untuk memindahkan jendela ke posisi lainyang Anda inginkan.

Baris Menu (Menu Bar)
Baris menu adalah barisan perintah berupa menu yang terletak di bawah baris judul, sebagai contoh jendela Excel XP mempunyai baris menu yang terdiri atas File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Windows dan Help.

Toolbar
Toolbar digunakan agar Anda dapat memilih dan menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah, terutama untuk perintah-perintah yang sering Anda gunakan. Toolbar ini berisi berbagai icon yang mewakili perintah-perinath tertentu.
Dalam keadaan standar, toolbar yang muncul di layar ada 3 (tiga), yaitu toolbar Standar, Formating dan Drawing.

Task Pane
Task Pane berupa jendela yang terdapat di sebelah kanan dokumen yang akan membantu Anda pada saat menyunting dokumen. Jendela ini akan  ditampilkan secara otomatis dan isinya menyesuaikan dengan pekerjaan yang sedang Anda lakukan.


Baris Rumus (Fromula Bar)
Baris rumus akan menampilkan informasi mengenai isi sel yang sedang aktif (disorot) di lembar kerja.

Sel (Cells)
Sel adalah perpotongan anntara kolom dan baris. Pada saat Anda memulai menjalankan komputer, selterdapat di sel A1 artinya sel tersebut terdapat di kolom A baris 1.

Range
Range adalah kumpulan dari beberapa sel. Misal range C1:E3 artinya range tersebut terdiri dari sel-sel :
C1       D1       E1
C2       D2       E3
C3       D3       E3

Baris (Row)
Terdiri dari baris 1 sampai dengan baris 65536. dalam keadaan standar, masing-masing tinggi baris yaitu 1.75.

Kolom (Column)
Terdiri dari kolom A sampai dengan kolm IV. Dalam keadaan standard, masing-masing lebar kolom yaitu 8.43.

Tab Worksheet
Pada saat Microsoft Excel diaktifkan, akan ditampilkan sebuah Workbook baru yang masih kosong yang diberi nama BOOK1. Workbook Microsoft Excel yang akan Anda gunakan dapat terdiri dari beberapa Worksheet. Secara default setiap Worksheet terdiri dari 3 (tiga) Worksheet, yang diberi nama Sheet1, Sheet2 dan Sheet3.

Baris Status (Status Bar)
Baris Status memberikan berbagai informasi mengenai sesuatu hal yang berhubungan dengan posisi titik sisip sekarang berada. Pada baris status ini ditamoilkan pula Tombol Indikator untuk memperlihatkan modus yang sedang aktif sekarang.

Baris Penggulung (Scrool Bar)
Baris penggulung digunakan untuk menggulung layar baik baris per baris maupun layar per layar. Baris penggulung pada suatu jendela ada dua jenis yaitu :
  1. Baris Penggulung Mendatar (Horizontal Scrool Bar) digunakan untuk menggulung layar jendela ke kiri atau ke kanan.
  2. Baris Penggulung Tegak (Vertical Scrool Bar) digunakan untuk meng-gulung layar jendela ke atas atau ke bawah.     

2.5 Memindahkan Penunjuk Sel (Cell Pointer)
            Pada saat Anda membuka lembar kerja Microsoft Excel, posisi penunjuk sel berada pada alamat sel A1. Untuk memindahkan penunjuk sel ke lokasi yang diinginkan, Anda dapat menggunakan keyboard atau mouse. Apabila Anda menggunakan keyboard Anda harus menggunakan tombol panah atau gabungan dengan tombol lainnya. Di bawah ini Anda dapat menggunakan salah satu perintah berikut :

Tabel 2.1 Tombol perintah-perintah Microsoft Excel XP

Tombol
Keterangan
Panah kiri
Pindah ke kiri satu sel
Panah kanan
Pindah ke kanan satu sel
Panah Atas
Pindah ke atas satu sel
Panah Bawah
Pindah ke bawah satu sel
Page Up
Pindah satu layar ke atas
Page Down
Pindah satu layar ke bawah
Tab
Pindah satu sel ke kanan
Enter
Pindah satu sel ke bawah
Shift-Tab
Pindah satu sel ke kiri
Shift-Enter
Pindah satu sel ke atas
Home
Pindah ke kolom A pada posisi baris yang sedang dipilih
Ctrl+Panah Kiri
Pindah ke sel pertama dalam baris yang berisi data
Ctrl+Panah Kanan
Pindah ke sel terakhir dalam baris yang berisi data
Ctrl+Home
Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif
Ctrl+End
Pindah ke psisi sel terakhir yang sedang digunakan

0 komentar:

Posting Komentar

Free Louis Vuitton Cursors at www.totallyfreecursors.com